Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet
Selamat pagi sobat..dipagi yang cerah ini saya akan share tentang Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet..Betapa pentingnya peranan baterai untuk laptop kita, dengan adanya baterai memungkinkan kita untuk mengoperasikan laptop kita tanpa harus menyambungkan kabel ke listrik.Namun, banyak diantara kita yang tak tahu cara merawatnya, terutama baterai baru. Berikut ada beberapa tips yang bisa sobat coba.


Beberapa Tips Merawat Baterai Laptop 

  1. Jangan melepaskan baterai dalam keadaan laptop/notebook hidup. Pastikan kamu sudah mematikan laptop jika ingin melepas baterai.
  2. Baterai baru perlu di-charge maksimal dan discharge habis 4-5 kali saat pemanfaatan awal agar kapasitas baterai dapat optimal.
  3. Discharge penuh artinya baterai dimasukan ke laptop dan laptop dinyalakan dan dibiarkan sampai tenaganya habis.
  4. Charge penuh artinya baterai dimasukan ke laptop kemudian laptop dihubungkan dengan adaptor yang sudah terhubung ke sumber listrik AC, charge sampai kapasitas baterai penuh.
  5. Saat charging pertama, adalah hal biasa jika indikator menunjukan baterai sudah ter-charge penuh hanya dalam waktu 20 - 30 menit, hal ini adalah fenomena normal pada awall pemakaian baterai rechargable, jika hal ini terjadi, keluarkan baterai dan masukan lagi ke laptop, ulangi proses charging. Jika masih terjadi, discharge sampai habis, ulangi proses nomor 2.
  6. Jika setelah proses Charge berjam - jam, indikator kapasitas masih tidak naik, misalnya tetap 50%, maka lakukan proses nomor 2. Discharge dan Charge.
  7. Keluarkan baterai dari laptop jika laptop kamu tidak digunakan dalam jangka waktu lama, Charge baterai sampai 60% penuh sebelum disimpan. Gunakan baterai minimal sebulan sekali.
  8. Dalam hal saat digunakan pertama kali, laptop tiba - tiba mati, ini adalah proses normal penyesuaian voltase baterai. Keluarkan dan masukan lagi baterai, Charge sampai maksimal, ulangi proses nomor 2.

Sekian Tips dari saya semoga bermanfaat dan Baterai Laptop anda terawat dan dapat tahan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar